WenzCreation warta era digital yang menyajikan berita terkini, hiburan, gaya hidup, teknologi, kesehatan, kecantikan, tips

Tuesday, February 3, 2015

Cara Hilangkan "Malware" Search di Homepage Browser Firefox

Agan pasti pernah ngerasain direcokin sama software-software ga jelas yang sengaja menjebak saat agan misalnya download software bajakan, film bajakan, musik bajakan ataupun ketika mau nonton film online gratis, tetapi dijebak iklan yang mengharuskan agan untuk download plugin tambahan. Nah, ketika agan sudah download dan install, di sanalah software tersebut sengaja install malware ke komputer, membuat tambahan toolbar di browser, membuat search kita yang blank diganti jadi search homepage punya mereka. Yang paling sering ditemukan kasusnya adalah "omiga-plus".



Agan mungkin sudah melakukan tahapan berikut ini untuk coba hilanginnya:

1. Ganti tampilan awal homepage dengan General > Options > Show blank page
1. non-aktifkan Add-ons dan Extensions.
2. Uninstall Program bersangkutan
3. Gunakan antivirus untuk blocking aplikasinya
4. Hapus folder aplikasi yang diduga malware tersebut secara manual


Tapi nyatanya di browser tetap saja nyempil malware dan toolbar tersebut. Saya juga pernah alami hal yang sama. Di komputer saya sudah terinstall anti-virus Kaspersky, kurang apa coba?

Hasilnya, browser firefox tetap saja direcokin oleh malware tersebut. Memang tidak ada virus yang dibawanya, tapi halaman homepage tetap saja homepage tidak berubah.
Itu karena firefox membuka celah bagi developer untuk mengembangkan dan menambahkan baris-baris di library browser mereka untuk dapat dimodifikasi. Dan hal inilah yang dimanfaatkan celahnya oleh pembuat plugin nakal menyisipkan baris-baris yg dibuat demi keuntungan mereka. Baris yang ditambahkan mungkin tidak berbahaya, tapi sangat menjengkelkan. Berikut ini seharusnya penampakan sehat browser kita.


Agan bisa mengeceknya di browser firefox dengan mengetikkan "about:support" di kotak URL yang biasanya agan ketikkan http://www.abcdefghijklmnopq.xxx.
Kalau misalnya agan liat ada kejanggalan di tabel tersebut, maka dipastikan bahwa pembuat malware telah menyusupkan script ke firefox agan. Untuk itu, agan harus cepat-cepat utk menyingkirkannya sebelum hal terburuk terjadi. Lalu bagaimana cara untuk hilangkan malware search di homepage browser firefox ? Mudah ! sangat mudah !
Tidak perlu menginstall antivirus atau antimalware tambahan, hanya satu dua tiga klik saja.

Caranya adalah me-reset ulang ke settingan awal. Jangan takut kalau bookmark yang sudah kita tambahkan hilang karena sebelum proses Reset ini dilakukan, firefox akan membantu kita membackupnya ke komputer. Lalu bagaimana cara temukan menu Reset Firefox? Setiap versi firefox beda-beda menunya. Tapi yang terpenting, agan harus temukan Menu Help. Setelah dapatin menu Help, agan harus temukan menu Troubleshooting Information . Baru setelah itu, click di tombol Reset Firefox.

Shortcut untuk menemukan tombol itu cukup ketikkan about:support di browser saja. Lalu tekan tombol Reset Firefox. Setelah itu, otomatis browser kita akan kembali bersih

Cara Hilangkan "Malware" Search di Homepage Browser Firefox Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andri Michael

0 comments:

Post a Comment